Pengertian dan Cara Memasuki Pasar Global (Contoh Makalah)


PASAR GLOBAL


Perusahaan global adalah perusahaan yang dengan beroperasi di lebih dari satu negara, memperoleh keuntungan R&D, produksi, pemasaran, dan keuangan dalam biaya dan reputasi yang tidak bisa diraih oleh pesaing domestik murni.
A.    Mengamati Lingkungan Pemasaran Global
Sebelum memutuskan apakah akan beroperasi secara internasional, perusahaan harus memahami lingkungan pemasaran internasional. Lingkungan ini telah banyak berubah dalam dua dekade terakhir, menciptakan peluang baru dan masalah baru.
-          Sistem Perdagangan Internasional
-          Zona perdagangan bebas regional
-          Lingkungan ekonomi
-          Lingkungan politik-hukum
Imbal dagang adalah perdagangan internasional yang melibatkan pertukaran barang secara langsung maupun tidak langsung untuk barang lain sebagai ganti uang tunai.

B.     Memutuskan Apakah Akan Memasuki Pasar Global
Tidak semua perusahaan harus bergabung ke pasar internasional agar tetap hidup. Misalnya, sebagian besar bisnis lokal hanya perlu memasarkan dengan baik di pasar lokal. Beroperasi secara domestik lebih mudah dan aman.

C.    Memutuskan Pasar Mana yang Akan Dimasuki
Sebelum memasuki pasar global, perusahaan harus berusaha mendefinisikan tujuan dan kebijakan pemasaran internasionalnya. Perusahaan harus memutuskan volume penjualan asing yang mereka inginkan. Sebagian besar perusahaan adalah perusahaankecil ketika mereka mulai memasuki pasar global.

D.    Memutuskan Cara Memasuki Pasar
Setelah perusahaan memutuskan untuk menjual produknya di pasar luar negeri, perusahaan harus menentukan cara masuk terbaik. Pilihannya adalah mengekspor, joint venture, dan investasi langsung. Beberapa pilihan yang ditawarkan masing-masing pintu masuk tersebut. Masing-masing strategi sukses melibatkan lebih banyak komitmen dan risiko, tetapi juga kendali dan potensi laba yang lebih besar.
1.      Mengekspor
Mengekspor adalah memasuki pasar asing dengan menjual barang yang dihasilkan di negara asal perusahaan, sering kali dengan sedikit modifikasi.
2.      Joint Venture
Joint veture adalah memasuki pasar asing dengan bergabung bersama perusahaan asing untuk menghasilkan atau memasarkan produk atau jasa.
3.      Pemberian Lisensi
Pemberian lisensi adalah metode memasuki pasar asing di mana perusahaan menjalin suatu kesempatan dengan pembeli lisensi di pasar asing.
4.      Kontrak Manufaktur
Kontrak manufaktur adalah  sebuah joint venture dimana perusahaan mengadakan kontrak dengan pihak manufaktir di pasar asing untuk memproduksi produk atau menyediakan jasanya.
5.      Kontrak Manajemen
Kontrak manajemen adalah sebuah joint venture dimana perusahaan domestik memasok pengetahuan manajemen kepada perusahaan asing yang memberi modal.
6.      Kepemilikan Bersama
Kepemilikan bersama adalah sebuah joint venture dimana perusahaan bergabung dengan  investor di pasar asing untuk menciptakan bisnis lokal di mana perusahaan berbagi kepemilikan dan kendali bersama.
7.      Investasi Langsung
Investasi langsung adalah memasuki pasar asing dengan mengembangkan fasilitas perakitan atau manufaktur berpusat di luar negeri.

E.     Memutuskan Program Pemasaran Global
Bauran pemasaran terstandarisasi adalah strategi pemasaran internasional yang pada dasarnya menggunakan produk, iklan, saluran distribusi, dan elemen bauran pemasaran lain yang sama dalam semua pasar internasional perusahaan.
Bauran pemasaran teradaptasi adalah strategi pemasaran internasional untuk menyesuaikan elemen bauran pemasaran terhadap masing-masing pasar sasaran internasional menanggung lebih banyak biaya tetapi berharap mendapatkan pangsa pasar dan tingkat pengembalian yang lebih besar.
Perluasan produk langsung adalah memasarkan produk di pasar asing tanpa melakukan perubahan. Adaptasi produk adalah menyesuaikan produk untuk memenuhi kondisi atau keinginan lokal di pasar asing. Penemuan produk adalah menciptakan produk atau jasa baru bagi pasar asing.
Adaptasi komunikasi adalah strategi komunikasi global dari pesan iklan yang diadaptasikan secara penuh terhadap pasar lokal.
Beberapa perusahaan menstandarkan iklan mereka di seluruh dunia, dengan hanya menyesuaikan diri menurut perbedaan budaya. Guy Laroche menggunakan iklan yang sama di Eropa dan negara-negara Arab, tetapi mengubah sensualitas dalam versi Arab si pria mengenakan pakaian dan si wanita hanya menyentuhnya sedikit saja.
Pandangan seluruh saluran adalah merancang saluran internasional yang memperhitungkan semua hubungan yang diperlukan dalam mendistribusikan produk penjual ke pembeli akhir, meliputi organisasi kantor pusat penjual, saluran antar negara, dan saluran dalam negara.

0 Response to "Pengertian dan Cara Memasuki Pasar Global (Contoh Makalah)"

Poskan Komentar