Rabu, 27 Mei 2015

Resensi Novel Jerawat Gue Banget Karya Mya Ye



RESENSI NOVEL JERAWAT?? GUE BANGET !!!

Resensi Novel Jerawat Gue Banget Karya Mya Ye


Judul Novel                      : Jerawat Gue Banget
Pengarang                        : Mya Ye
Penerbit                            : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit                   : 2009
Tebal Buku                      : 240 Halaman


Kepengarangan tentang Mya Ye, ia adalah seorang dokter gigi yang mencintai dunia tulis menulis. Memilih menghentikan prakteknya sementara untuk menuntut ilmu lagi di Mass Communication, London School of Public Relation. Jerawat ?? Gue Banget!!! Ini adalah novel pertamanya yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama. Karya-karyanya sebelumnya adalah Luv Me, Princess (Katakita, 2005), Cinta, Aku Harus Bagaimana? (Grasindo, 2006), dan cerpen-cerpen yang dimuat di beberapa majalah Kisah Sebuah Buku Harian (Cinta, 2004), Topeng (Femina, 2008), Kartu Kredit (Hidup, 2008), dan Cita Cita Ku (Hidup, 2008).
Novel ini menceritakan tentang kehidupan seorang wanita yang duduk di bangku kuliahan, yang ia bekerja sambil kuliah untuk mencukupi uang sakunya sehari-hari. Kiki, selama ini ada satu bagian tubuh yang dibencinya, yaitu mukanya sendiri, karena disitulah jerawat-jerawatnya betah bersemayam selama ini.
Duh, kenapa sih mukanya harus berjerawat? Ongkos pengobatan jerawat kan mahal, apalagi hidupnya pas-pasan.
Untung dia punya 3 sahabat yang baik, yang membantunya mengatasi masalah jerawatnya. Menurut pengalaman mereka, jerawat Kiki muncul akibat stress, dan stress bisa hilang kalau dia punya pacar. Cowok mana yang mau dengan cewek yang mukanya penuh dengan “gunung-gunung kecil” begini?
Gaya bahasa yang digunakan pengarang dalam novel ini sangatlah bagus. Karena cukup menarik dan membuat pembaca mudah memahami apa yang ditujukan dan apa yang dimaksud pengarang.
Keunggulan novel ini, dengan jalan cerita yang menarik dan gaya bahasanya yang mudah dipahami juga pengarang memberikan cara-cara untuk mengatasi jerawat yang suka bermunculan di wajah.
Kelemahan novel ini, pengarang terlalu fokus kepada jerawat di pelaku utama tanpa memikirkan tokoh lain, sehingga tokoh lain tersebut sedikit terabaikan.
Kesimpulan resensi ini cocok untuk dibaca oleh para remaja. Karena permasalahan jerawat sering muncul disaat masa pertumbuhan yang dialami remaja sekarang ini. Dan juga, harga jual novel ini dapat terjangkau oleh khalayak.