Informasi Akuntansi Pertanggungjawaban Pusat Biaya Untuk Memotivasi Prestasi Manajer Pusat Biaya


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai informasi akuntansi pertanggungjawaban pusat biaya untuk memotivasi prestasi manager pusat biaya, ada baiknya dijelaskan terlebih dahulu definisi dan pembahasan dari motivasi prestasi manajer.
Menurut pendapat Mulyadi (2001, hal. 177) :
“Motivasi adalah proses prakarsa dilakukannya suatu tindakan secara sadar dan bertujuan”.
Jadi, motivasi prestasi manajer adalah proses prakarsa yang dilakukan secara sadar dan bertujuan, diiringi dengan usaha dan keinginan yang keras untuk meningkatkan prestasi kerja. Dalam hal ini, pembahasan hanya ditekankan terhadap motivasi prestasi manajer pusat biaya. Motivasi prestasi sangat mempengaruhi perilaku dan tindakan manajer pusat biaya dalam pencapaian tujuan. Tujuan dan fungsi pusat biaya adalah penekanan terhadap penggunaan biaya atau nilai masukan yang seminimal mungkin dapat menghasilkan nilai keluaran yang maksimal, akan dapat dicapai jika manajemen perusahaan mengetaui cara memotivasi para karyawannya untuk melakukan pekerjaannya dengan sebaik mungkin.
Informasi Akuntansi Pertanggungjawaban Pusat Biaya Untuk Memotivasi Prestasi Manajer Pusat Biaya

Manajer pusat biaya yang berkemampuan tinggi dan berbakat dalam bagian keuangan dan anggaran, tidak akan menghasilkan kinerja yang baik jika usahanya untuk berprestasi sangat rendah atau tidak menyadari perannya sebagai manajer keuangan dan anggaran selaku manajer pusat biaya. Oleh karena itu, untuk memungkinkan seorang manajer berprestasi tinggi diperlukan tiga faktor penunjang, yakni kemampuan dan bakat yang tinggi dalam bidangnya, usaha yang maksimal, dan persepsi yang jelas mengenai peran dan manajer tersebut dalam pencapaian tujuan.
Motivasi yang ditanamkan manajemen perusahaan hendaknya mempunyai dasar dan tujuan yang jelas agar dapat dipedomani dan dijiwai oleh masing-masing karyawan. Tidak hanya itu saja, setiap karyawan perusahaan juga harus menanamkan kesadaran akan tanggungjawab masing-masing individu maupun tanggungjawab per unit kerja.
Peranan informasi akuntansi pertanggungjawaban untuk memotivasi prestasi manajer pusat biaya dapat terlihat dalam anggaran dan realisasinya dalam laporan pertanggungjawaban biaya. Informasi akuntansi pertanggungjawaban berfungsi sebagai pengukur prestasi dan alat pengirim peran kepada manajer pusat biaya yang diberi peran dalam pencapaian sasaran perusahaan, sehingga proses penyusunan anggaran yang baik akan mengakibatkan setiap manajer menyadari perannya dalam pencapaian tujuan perusahaan, sehingga akan menimbulkan komitmen yang tinggi dalam diri manager untuk berprestasi sesuai yang tercantum dalam anggaran. Anggaran biaya yang dapat memotivasi manajer pusat biaya adalah anggaran yang disusun sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan dan ditekan seoptimal mungkin tanpa harus mempengaruhi kualitas perusahaan. Motivasi manajer pusat biaya terlihat dalam aktivitas dan perilaku manajer agar bagaimana anggaran biaya tersebut dapat terealisasi dengan baik dengan penggunaan biaya secara efektif dan efisien. Realisasi biaya tersebut dituangkan dalam laporan pertanggungjawaban.
Disamping itu, motivasi untuk berusaha dipengaruhi oleh nilai penghargaan dan kemungkinan usaha akan diberi penghargaan. Jika dalam struktur penghargaan (reward structure) perusahaan, informasi akuntansi pertanggungjawaban merupakan bagian yang disignifikasikan, maka informasi akuntansi pertanggungjawaban pusat biaya ini akan berdampak terhadap motivasi manajer pusat biaya melalui dua jalur berikut ini :
   1.Menimbulkan pengaruh langsung terhadap motivasi manajer dengan mempengaruhi kemungkinan usaha diberi penghargaan. Jika struktur penghargaan sebagian didasarkan atas informasi akuntansi pertanggungjawaban, maka manajer akan berkeyakinan bahwa kinerjanya yang diukur dengan informasi akuntansi pertanggungjawaban (informasi masa lalu) akan diberi penghargaan yang sebagian besar didasarkan atas informasi akuntansi. Kemungkinan kinerja akan memperoleh penghargaan inilah yang memotivasi manajer untuk meningkatkan usaha.

2.Secara tidak langsung informasi akuntansi pertanggungjawaban     berdampak terhadap motivasi melalui nilai penghargaan. Informasi akuntansi pertanggungjawaban (berupa informasi masa lalu) digunakan untuk mengukur kinerja manajer. Jika struktur penghargaan sebagian besar didasarkan atas informasi akuntansi, manajer akan memperoleh kepuasan. Kepuasan manajer atas penghargaan yang diterimanya dipengaruhi oleh penilaian manajer atas kepantasan penghargaan tersebut. Tinggi rendahnya kepuasan manajer tergantung atas penghargaan yang diterimanya berdampak atas penghargaan yang diterimanya berdampak atas tinggi rendahnya nilai penghargaan. Faktor yang terakhir ini berdampak terhadap motivasi manajer untuk berusaha Dari model aspek motivasi dalam perilaku individu menurut Peter-Lowler dapat disimpulkan bahwa penghargaan yang diberikan pihak perusahaan pada manajer dapat memotivasi prestasi manajer sehingga tujuan perusahaan akan dapat dicapai.

0 Response to "Informasi Akuntansi Pertanggungjawaban Pusat Biaya Untuk Memotivasi Prestasi Manajer Pusat Biaya"

Posting Komentar