-->

Program Pemerintah Gemar Makan Ikan (GEMARIKAN)

Pada era sekarang ini kita dihadapkan pada isu ketersediaan pangan dunia dan energi. Pesatnya pertumbuhan penduduk yang tidak diimbangi oleh peningkatan produksi pangan dan penyediaan energi telah menimbulkan masalah dan krisis pada beberapa negara di dunia.

Program Pemerintah Gemar Makan Ikan (GEMARIKAN)

Peningkatan kuantitas dan kualitas pangan masyarakat menuju gizi seimbang merupakan aspek penting dalam membangun kualitas sumberdaya manusia. Untuk itu perlu didorong dengan program- program yang mengembangkan aspek kuliner dan daya terima konsumen melalui berbagai pendidikan gizi, penyuluhan, dan kampanye gizi untuk meningkatkan citra pangan, pendapatan dan pendidikan masyarakat.

Gemarikan, merupakan Program Nasional Pemerintah untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat, memiliki nilai stategis penting dalam memperkuat ketahanan pangan Nasional.

Ikan merupakan salah satu sumber pangan hewani yang mudah diperoleh oleh segala lapisan masyarakat dengan ketersediaan yang cukup dan melimpah. Nilai gizi yang terkandung dalam daging ikan sudah diakui keunggulannya oleh ahli gizi dunia.

Salah satu bangsa yang tingkat konsumsi ikannya tinggi didunia adalah Jepang dengan tingkat konsumsi 120 kg/kap/tahun terkenal akan kecerdasannya. Beberapa negara maju lainnya tingkat konsumsi ikannya juga tinggi seperti: Korea Selatan 85 kg/kap/tahun, Hongkong 80 kg/kap/tahun, dan Taiwan 65 kg/kap/tahun. Dibandingkan dengan tingkat konsumsi ikan Nasional Indonesia tentunya sangat jauh tertinggal. Bahkan jika dibanding dengan beberapa negara tetangga seperti Malaysia (54 kg/kap/tahun) dan Filipina (40 kg/kap/tahun) tingkat konsumsi ikan kita juga lebih rendah.

Menggerakkan budaya mengkonsumsi ikan di masyarakat adalah upaya pemerintah dalam mencerdaskan generasi bangsa. Namun upaya tersebut masih terkendala oleh beberapa faktor seperti:
  1. Hambatan sosial budaya dan kebiasaan makan daging.
  2. Masih rendahnya pemahaman masyarakat terhadap manfaat mengkonsumsi ikan.
  3. Mutu produk yang tersedia masih rendah,
  4. Terbatasnya diversifikasi produk olahan,
  5. Sarana dan parasarana distribusi pemasaran yang masih sangat terbatas.

Perlu dukungan dari segala pihak untuk mengatasi hambatan sosial budaya yang berdampak terhadap animo masyarakat dalam mengkonsumsi ikan. Melalui sosialisasi dan publikasi secara kontinu tentang keutamaan makan ikan baik di media massa, melalui program dan kegiatan, serta demo dan promosi diharapkan terjadi perubahan cara pandang masyarakat terhadap ikan sebagai sumber bahan pangan yang penting.

Ketersediaan ikan yang tidak kontinu serta rendahnya mutu produk hasil perikanan telah disiasati oleh pemerintah dengan program-program yang pro terhadap petani ikan/nelayan berupa pemberian bantuan peralatan produksi untuk nelayan dan benih ikan untuk petani ikan. Dalam rangka meningkatkan mutu produk perikanan telah dilakukan sosialisasi dan pengawasan terhadap penerapan sistem rantai dingin mulai dari hulu ditingkat petani ikan/nelayan sampal ke hilir ditingkat konsumen.

Dalam upaya menyehatkan dan mencerdaskan masyarakat dengan mengkonsumsi ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab Pemerintah semata, namun juga menjadi tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat.

Konsumsi ikan yang meningkat akan memberikan multiflier effect terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Di hilir akan meningkatkan permintaan terhadap ikan sehingga berkembang usaha perikanan baik budidaya, tangkap dan pengolahan. Tentunya dengan berkembangnya usaha perikanan maka harga produk perikanan akan stabil, menyerap banyak tenaga kerja dan tumbuh industri-industri dan usaha penunjang lainnya seperti industri galangan kapal, industri pakan ikan dan lain-lain.

Dampak dari meningkatnya penyerapan tenaga kerja serta tumbuhnya industri pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian masyarakat. Dalam jangka panjang konsumsi ikan yang meningkat akan melahirkan generasi yang cerdas dan sehat yang diharapkan dapat berkontribusi terhadap kemajuan bangsa.

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan juga diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk lebih menghargai para pelakunya yang bergerak disektor perikanan. Untuk mewujudkan mimpi tersebut, maka Gemarikan haruslah menjadi gerakan yang membumi, bukan paksaan tetapi merupakan kebutuhan dan dilaksanakan secara berkesinambungan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Program Pemerintah Gemar Makan Ikan (GEMARIKAN)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel